Ukuran Gambar Instagram : Feed, Story, IGTV, dan Video

Ukuran Gambar Instagram : Feed, Story, IGTV, dan Video

Instagram merupakan sebuah aplikasi sosial media yang sangat populer saat ini, didalam sosial media ini kota bisa membagikan foto, video maupun story yang menarik.

Namun taukah kamu bahwa untuk meng-upload gambar agar kualitas foto ataupun video yang kamu upload di instagram tetap utuh dan tidak terpotong kamu harus memperhatikan ukuran gambar yang mau kamu kirim ke platfrom sosial media ini.

Karena aplikasi instagram sendiri memiliki ukuran standar yang bisa kamu terapkan supaya foto yang kamu upload tidak terpotong, nah artikel ini akan memberikan sebuah paduan seputar standar ukuran gambar atau video untuk instagram.

Mau tau ukuran gambar atau video untuk feed, story, maupun igtv instagram, simak artikel berikut :

Ukuran Gambar Instagram : Feed, Story, IGTV, dan Video

Ukuran Gambar Untuk Feed Instagram

Jika kamu ingin memposting foto pada feed instagram idealnya yaitu foto itu berbentuk persegi atau square dengan aspek rasio 1:1 dengan resolusi foto 1080 x 1080 pixel.

Namun kamu juga bisa meng-upload foto yang berbentuk selain square , berikut ini paduan ukuran foto nya:

  • Foto Feed Persegi : ukuran foto terbaik jika kamu ingin meng-upload foto dalam bentuk Persegi yaitu menggunakan aspek rasio 1:1 dengan resolusi foto 1080 x 1080 pixel.
  • Foto Potrait atau Vertikal : jika kamu ingin mengunggah foto potrait maka aspek rasio nya yaitu 4:5 atau 1080 x 1350 pixel.
  • Foto Landscape atau Horizontal : untuk ukuran foto landscape sendiri yaitu dengan aspek rasio 16:9 dengan resolusi 1080 x 608 pixel.

Ukuran Untuk Video Instagram

Kamu juga bisa mengirimkan video pada sosial media ini dan inilah panduan ukuran yang bisa kamu terapkan :

  • Video Square Atau Persegi : Rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 pixel dengan durasi untuk feed yaitu 1 menit atau 60 detik.
  • Video Potrait : Untuk ukuran potrait yaitu memiliki aspek rasio 4 : 5 dengan resolusi 1080 x 1350 pixel, durasi video 60 detik.
  • Video Landscape : Rasio 1.91:1 dengan resolusi 600 x 315 pixel, durasi video 60 detik.

Ukuran Untuk Instagram Story

Instagram story merupakan fitur yang cukup sering digunakan pengguna instagram karena kita bisa mengirimkan kegiatan ataupun apapun itu dengan instan tanpa kita harus mengunggahnya ke feed instagram.

Ukuran foto instagram story ini berbeda dengan ukuran feed instagram, kenapa karena pada dasarnya feed instagram itu berbentuk persegi sedangkan untuk instagram story sendiri biasanya dalam bentuk vertical dengan aspek rasio 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 pixel.

Ukuran Untuk IGTV

Jika kamu ingin mengunggah video ke IGTV ini dia beberapa paduan ukuran untuk video yang bisa kamu upload di IGTV :

  • Aspek Rasio : jika kamu ingin mengirim video dalam bentuk vertikal maka gunakan aspek rasio 9:16 dan gunakan rasio 16:9 jika ingin mengirim video dalam format landscape
  • Durasi video : durasi minimal video yang kamu unggah di IGTV adalah berdurasi 60 detik, sedangkan durasi maksimalnya yaitu 60 menit atau 1 jam jika kamu mengunggah video melalui web namun jika kamu mengunggahnya melalui aplikasi seluler maka durasi maksimalnya yaitu 15 menit.
  • Ukuran Cover IGTV : ukuran sampul atau cover pada igtv yaitu beresolusi 420 x 654 pixel dengan rasio 1:1,55.
  • Ukuran File Video : jika kamu mengunggah video dengan durasi 1 jam maka ukuran maksimal video tersebut adalah 3,6 GB dan jika video tersebut hanya berdurasi 10 menit atau kuran maka ukuran maksimalnya yaitu 650 MB.

Akhir Kata:

Itulah beberapa paduan yang bisa kamu gunakan saat ingin mengirim foto ataupun video di instagram supaya foto atau video yang kamu upload tidak terpotong dan dengan resolusi yang bagus.

Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url